5 Cara Merawat V-belt Motor Matic Agar Tetap Awet

V-belt atau biasa dikenal dengan V-belt memegang peranan penting pada sepeda motor matic karena merupakan penghubung antara mesin dan roda. , tetapi setiap pengendara memiliki cara yang berbeda untuk menghadapinya Sepeda favorit Anda Bagaimana cara menjaga vanbelt kalian tahan lama? Ternyata merawat V-belt ini tidak boleh sembarangan, karena perawatan V-belt yang ceroboh ini akan merepotkan. Resiko paling besar adalah akselerasi mesin menjadi lebih tidak stabil atau  tidak bekerja sama sekali. Ini karena V-belt diprogram untuk mentransfer tenaga ke roda belakang. V-belt berputar dari puli utama (puli depan) ke puli sekunder (katrol belakang). Selain itu, tenaga mesin  pada awalnya berkurang. ke gearbox, lalu barudisalurkan ke roda belakang. Perlu anda ketahui juga umur V-belt motor matic anda, jarak tempuhnya sekitar 2025.000 kilometer. Bagian yang menghubungkan puli depan dengan puli belakang terletak di CVT (Variable Variable Transmission Gear Room. Continuous) yang memiliki sistem pendingin tersendiri. Desain untuk pendinginan ruang CVT  tertutup untuk melindunginya dari debu, kotoran dan masuknya  air.

Memberi Cairan Khusus

Terdapat cairan yang akan membantu umur V-belt jika dibawa ke bengkel agar tidak mudah pecah dan tetap awet meski sudah lama digunakan. Ini memiliki fungsi sebagai pelembut untuk V-belt. Ini lengket dan tidak mudah pecah. Namun, saat memberi, perlu juga menggunakan teknik tertentu. Anda perlu meletakkan cairan di tepi sabuk pembawa, bukan di bagian bergigi.

Hindari Penggunaan Aksesoris Racing

Padahal, aksesoris balap bisa membuat tampilan motor jadi lebih keren dan stylish. Namun, aksesoris balap juga bisa berdampak negatif pada sepeda motor Anda. Tambahan suku cadang non standar pada sepeda motor akan merusak komponen lainnya. Kerusakan memang tak terhindarkan, apalagi jika aksesoris racing yang digunakan sama sekali tidak memiliki kesamaan dengan komponen mesin lainnya.Sebaliknya, berhati-hatilah saat memilih aksesori untuk sepeda favorit Anda.

Hindari Buka Tutup Gas Secara Agresif

Seringkali tidak disarankan untuk memutar pegangan throttle secara tiba-tiba untuk meningkatkan kecepatan mesin. Sebaiknya dikendarai secara perlahan agar V-belt yang digunakan memiliki masa pakai yang lebih lama. Ini karena V-belt terus-menerus ditarik secara tiba-tiba untuk mempersingkat masa pakainya. V-belt

Menggunakan Motor Secara Normal

Kita sering memanipulasi mesin dan menggunakan motor secara tidak normal atau memodifikasinya agar terlihat lebih keren dan lebih bergaya. Padahal, kebiasaan ini akan menyebabkan sepeda lebih cepat rusak dan V-belt menjadi tidak normal. Sabuk truk merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang memegang peranan penting dan sangat esensial, mesin tidak bekerja dengan baik sehingga perawatan secara rutin sangat berguna untuk menghindari  kerusakan atau bahkan patah dan  membahayakan pengemudi.

Rutin Cek V-belt

Pada sepeda motor transmisi otomatis Honda, rata-rata V-belt harus diperiksa secara teratur setelah 5.000 mil digunakan. Secara teoritis, masa pakai komponen ini bisa mencapai 24.000 km dan  harus diganti. Namun, ini tergantung pada gaya mengemudi saudaranya.Kondisi kompartemen CVT yang kotor  juga dapat mengurangi umur V-belt. 

Berikut adalah Cara menjaga dan merawat V Belt motor matic agat tidak cepat rusak dan teteap awet, karena bagian v belt sangat lah penting untuk motor matic, bisa dibilang v belt adalah jantungnya motor, jika terjadi sesuatu maka kalian akan harus segera mengecek secara berkala.

5 Cara Merawat V-belt Motor Matic Agar Tetap Awet