Daftar 5 Suku Cadang Mobil yang Perlu Rutin di Lakukan Pergantian

Setiap mobil tentunya memiliki komponen dengan suku cadang yang berbeda-beda. Namun, tahukah kalian bahwa terdapat beberapa komponen yang perlu diganti secara berkala. Karena, kabarnya performa kendaraan akan sangat berpengaruh.

Lantas, apa saja suku-suku cadang mobil yang wajib sering diganti? Simak berikut.

1. Filter Oli dan Oli Mesin

Kedua komponen yang memiliki masa pakai relatif singkat karena tergolong berat dalam pekerjaannya dalam suatu mobil, terutama bagi pengguna mobil yang dipakai sehari-hari atau perjalanan yang jauh sangat penting untuk sering diganti.

Agar mesin dapat bekerja secara optimal sekaligus mencegah gesekan yang terjadi antar komponen, perlu untuk menggunakan oli mesin ini.

Sedangkan, oli filter biasanya berfungsi sebagai penyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin. Filter oli ini bekerja sebelum oli mesin disebar keseluruh bagian.

Biasanya, pabrikan mobil menganjurkan untuk mengganti oli mesin di pemakaian pertama sekitar 1.000 km dan kemudian dilanjuti setiap 10.000 km untuk penggantiannya secara rutin.

2. Busi

Salah satu sparepart yang kecil ini faktanya berpengaruh sangat besar terhadap kinerja mobil. Penciptaan pembakaran di ruangan mesin adalah salah satu fungsi busi ini.

Benda yang memantik api ini akan mengakibatkan pembakaran di ruang mesin jika bermasalah. Konsumsi bahan bakar yang lebih boros dan kinerja meisn yang kurang optimal adalah akibat dari tidak digantinya busi ini.

Biasanya dianjurkan untuk mengganti busi setiap 20.000 km.

3. Kanvas Rem

Ondernil yang satu ini tentunya sudah diketahui oleh banyak orang dan memang harus beberapa kali diganti. Biasanya setiap penempuhan jarak 50.000 hingga 105.000 kilometer harus mengganti kanvas rem ini.

Kanvas rem juga salah satu cadang mobil yang perlu diperhatikan dan tidak boleh dipakai selama lebih dari 5 tahun, terutama mobil yang berbodi besar.

Karena faktanya, mobil berbodi besar lebih cepat rusak dalam pemakaian kanvas remnya, dibandingkann dengan kanvas rem dalam mobil berbodi kecil.

4. Ban Mobil

Ban mobil tidak memiliki patokan khusus setiap berapa tahun sekali harus diganti. Namun, biasanya jika ban Anda sudah terasa aus atau licin ketika digunakan harus segera diganti karena akan mengakibatkan kecelakaan.

Tentunya, kapan ban mobil akan mengalami aus adalah tergantung kepada pemakaian si pengguna yang berbeda-beda.

Bukan hanya pada saat ban terasa licin saja, melainkan jika dirasa ban sudah mulai mengempis atau terkena paku yang membuat kerusakan pada ban, Anda harus segera mengatasi ban tersebut.

5. Filter Udara

Tentunya onderdil yang satu ini harus sering di bersihkan secara berkala. Tidak wajib menyuruh tukang service, melainkan Anda bisa melakukan perawatan yang satu ini secara mandiri.

Namun, tetap penting bahwa filter udara juga mempunyai batas usianya yang membuatnya perlu diganti beberapa saat.

Menghemat bahan bakar juga menjadi salah satu faktor utama dalam membersihkan filter udara yang rutin ini. Karena, fungsi dari filter udara ini tentunya untuk menyaring debu kotoran dari udara luar.

Kotoran-kotoran ini bisa saja masuk dan menghambat dari pasokan udara ke daerah ruang bakar.

Pada umumnya, penggantian filter udara ini dibersikan setiap 10.000 km dan usahakan untuk menggantinya setiap penggunaan sejauh 40.000 km.

Nah, sekian adalah 5 suku cadang mobil yang harus diperhatikan. Tentunya tidak hanya untuk mengawetkan bahan bakar, melainkan untuk memperpanjang usia mobil Anda kelima perawatan tersebut harus sering diperhatikan.

Daftar 5 Suku Cadang Mobil yang Perlu Rutin di Lakukan Pergantian