5 Tips Pilih Motor Bekas Sebelum Membeli

Membeli motor yang bekas memang butuh ketelitian. Kita juga tak boleh terburu – buru karena akan butuh kesabaran dalam memilih kendaraan yang tepat. Walaupun tida semahal motor baru, namun uang yang di gelontorkan untuk membeli motor bekas tetaplah besar.

Jadi jangan sampai kalian kecewa karena tak memilih motor dengan teliti. Ada beberapa tips membeli motor bekas yang bisa membantu kalian menemukan motor idaman. Apa saja? yuk simak.

1.Pilih Penjual Motor Yang Jujur

Selain tak terburu – buru, tips membeli motor bekas lainnya adalah kalian harus selektif saat memilih penjual yang akan kalian percaya. Kalian harus cari tahu di manakan penjual yang jujur dan terpercaya. Sekarang ini ada banyak sekali penjual yang tujuannya hanya menipu konsumen.

Ada banyak juga cara penipuan seperti dengan menjual memakai harga mahal padahal kondisi motornya tak bagus. Itulah kenapa kalian bisa cari motor di tempat kenalan atau di penjual yang di percaya oleh teman kalian yang berpengalaman.

2.Tentukan Motor Yang Mau Dibeli

Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah mencari tahu jenis motor apa yang mau kalian punya. Tanpa menentukan motor apa yang mau di beli, maka kalian bisa merasa kesulitan memilih saat datang ke penjual motor bekas yang menawarkan berbagai pilihan.

Untuk bisa tahu motor apa yang cocok, kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya, kalau kalian mau memakainya untuk perjalanan jarak jauh tiap hari, maka belilah motor dengan cc yang besar.

Tetapi, kalau kalian butuh motor untuk di pakai di area perkotaan, maka motor matic dengan cc kecil pun bisa kalian pertimbangkan. Kalian juga harus mencocokkan motor dengan biaya yang kalian punya sekarang ini.

3.Jangan Buru – Buru Bayar

Hindarilah memberikan uang muka dengan iklan penjualan yang di lihat tanpa mengecek lebih dulu motor tersebut. Jangan Cuma karena motor yang di idam – idamkan di jual dengan harga murah atau bisa di bayar dengan cicilan.

Alasan apapun yang di tawarkan oleh si penjual seperti spaya motor tak di beli orang lain, tak seharusnya kalian hiraukan. Apalagi kalau kalian membelinya secara online dan di haruskan untuk transfer uang muka.

4.Jangan Lupa Cek Surat Kendaraan

Saat mengecek kondisi motor, ada beberapa hal yang harus kalian tahu. Pertama adalah mengenai surat – surat kendaraan. Berkas yang akan di cek adalah STNK serta BPKB yang harus sesuai dengan plat motor serta nama pemilik.

Lewat BPKB kalian akan tahu apakah kendaraan sudah sering di perjual belikan atau baru di tangan pertama. Mengetahui surat ini memiliki tujuan supaya kalian tak membeli motor curian.

5.Kenali Harga Pasaran Motor Sekarang ini

Sangat penting untuk kita mengetahui harga pasaran motor baru dan juga bekas sekarang ini supaya tak tertipu oleh pedagang yang curang. Kalau harga motor bekas yang di tawarkan tak terlalu jauh dengan harga barunya, sudah pasti kalian akan rugi.

Mengetahui harga yang di tawarkan juga bisa menghindari kalian supaya tak tergiur dengan tawaran motor dengan harga yang murah. Apalagi, tiap tipe motor harganya akan berbeda sesuai dengan kondisinya. Itulah kenapa, ketahui dulu pasaran motor dari kerabat kalian. media social, maupun media lain.

Itulah beberapa tips membeli motor bekas untuk kalian. semoga bermanfaat.

5 Tips Pilih Motor Bekas Sebelum Membeli