3 Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet

Salah satu bagian terpenting dalam sebuah mobil adalah sistem kelistrikannya. Baik sepeda motor maupun mobil memiliki sistem kelistrikan yang ditopang oleh sebuah komponen yang disebut baterai. Ada dua jenis baterai yang biasa ditemui  pengguna mobil, yaitu baterai basah dan baterai kering. : Memungkinkan sistem kelistrikan  kendaraan  berfungsi normal, seperti: B. Menghidupkan mesin, menyalakan lampu, audio dan fungsi lain yang tersedia di dalam kendaraan.Sepeda motor basah  agar lebih awet  sama dengan aki  mobil basah, jadi pada prinsipnya tidak ada perbedaan teknik perawatan dari kedua kendaraan tersebut, namun banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat aki mobil yang konsumsinya sedikit. adalah bahwa mesin tidak dapat dihidupkan. Untuk itu, perawatan aki mobil dan perlindungan mobil penting bagi pemilik kendaraan untuk menghindari masalah penggunaan yang berbahaya.

Periksa aki basah secara rutin

Baterai basah membutuhkan lebih banyak perhatian  yang harus diselidiki oleh pengguna. Pastikan kondisi casing aki basah tidak retak untuk menghindari kebocoran air aki. Pastikan juga kepala baterai bebas dari kotoran putih. Lapisan putih dapat dibersihkan dengan melepas dan memasangnya hingga terpasang dengan benar, yang juga dapat digunakan untuk  merawat aki mobil yang basah secara optimal.Jangan lupa untuk memeriksa kabel baterai apakah ada keretakan yang akan mempengaruhi saluran listrik. Pengecekan rutin ini sebaiknya dilakukan secara rutin agar dapat mencegah terjadinya kerusakan yang besar. Terkadang banyak pemilik mobil yang tidak memperhatikan  kondisi aki. Lebih parahnya lagi, saya baru mengetahui ada masalah pada aki. Di dashboard mobil juga terdapat indikator dengan icon aki yang  menyala saat mesin bukannya yang merah itu icon aki  mati saat mesin hidup artinya aki terpasangkeadaan baik. Lain halnya jika simbol aki  merah  menyala terus menerus saat mesin dihidupkan, yang menandakan kerusakan aki. Kerusakan dapat dideteksi sebagai outlet yang tidak stabil atau kemungkinan terlalu sedikit atau terlalu banyak air baterai. Pemilik sekarang dapat memeriksa apakah aki basah mobil mereka dapat menghantarkan  listrik dengan baik atau tidak.

Bersihkan kerak putih di kepala aki

Baterai basah mengandung cairan baterai yang teroksidasi. Proses kimia ini  meninggalkan endapan putih pada kepala baterai yang mengandung asam sulfat (H2SO4). Karena sifatnya yang korosif dan keausan komponen lainnya, timbangan ini memerlukan pembersihan berkala. Saat menggunakan baterai basah, munculnya sisik putih  adalah hal yang wajar. Cara termudah untuk membersihkan endapan putih pada kepala baterai adalah dengan menuangkan air panas ke kepala baterai.Lepaskan baterai dan turunkan dari mesin mobil dan bersihkan secara menyeluruh. Proses pembersihan dapat menggunakan  kain lembut atau sikat  untuk menghilangkan sisa sisa oksidasi. Setelah kering, pasang kembali aki mobil ke tempatnya semula. Harap berhati-hati untuk mengencangkan kabel ke kepala baterai dengan erat, karena jika longgar pada posisi pemasangan  akan mempengaruhi kinerja baterai dalam menyalakan kendaraan.

Cek kondisi cairan aki 

Cara paling umum untuk merawat aki mobil basah  adalah dengan memantau air  di dalam aki. Cairan baterai menghantarkan listrik dan karenanya harus dipertimbangkan lebih hati-hati. Air aki dapat dikurangi dengan penguapan karena  panas yang dihasilkan saat mesin hidup. selalu. Penguapan ini menyebabkan air di dalam baterai menyusut dan tidak lagi berukuran standar. Pengurangan air baterai mempengaruhi kinerja baterai dalam menghasilkan daya listrik dan mengirimkannya ke sistem.listrik mobil. Oleh karena itu, periksalah air aki secara berkala untuk memastikan kondisinya baik. Pelajari cara mengisi  aki mobil dengan benar agar tidak overcharge atau undercharge. Kondisi yang tidak diinginkan dapat terjadi ketika air baterai habis atau kering. Dalam hal ini, baterai dapat meledak dan merusak kap mesin.Percikan air juga dapat mencemari bagian lain dari mesin  dan menyebabkan karat. Ada baiknya Anda menyiapkan air ganti aki  untuk mengantisipasi bila air aki di  mobil kurang dari yang seharusnya. Dengan menyiapkan air aki di rumah,  kekurangan air aki di  mobil dapat segera diatasi, dan tidak akan teratasi hingga terjadi kerusakan yang serius.

Nah ini dia Tips dan Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet dan tidak cepat rusak.

3 Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet